terbaru

Home » » Tutorial Cara Gampang Membuat Game Android Dengan Mudah Dan Cepat

Tutorial Cara Gampang Membuat Game Android Dengan Mudah Dan Cepat

Written By peternak on Sabtu, 10 Januari 2015 | 16.59


 Membuat Event dalam Game Maker
 Dan dibawah ini beberapa kelebihan dari Game Maker Studio :

    Game Maker Studio memakai metode drag dan drop.
    Untuk kamu yang bisa memakai bahasa GML (game maker language) kamu dapat melakukan edit dengan bebas.
    Tidak seperti software lain, hasil dari Game Maker Studio bisa kamu mainkan tanpa limit waktu.
    Game Maker Studio memiliki dua versi yaitu lite dan pro, di versi lite akan menyertakan logo ketika loading, tetapi apabila kamu sangat kreatif kamu bisa mengedit / mengahapus dan menjadikan seperti pro version.

Selain Game Maker Studio, masih ada beberapa pilihan software yang bisa kamu pakai contohnya :

    TGC Game Creator
    Sandbox Game Maker
    DS Game Maker
Untuk membuat Event caranya adalah masuk ke menu objek, lalu klik add event. Di bawah ini merupakan penjelasan fungsi-fungsi tombol yang ada pada menu event:
Create Event

    Menu ini berfungsi untuk membuat suatu event (kejadian) ketika suatu objek tersebut dibuat. Menu ini biasanya digunkan untuk membuat variable objek dalam game.

Destroy Event

    Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian ketika suatu objek dihancurkan dalam game, menu ini jarang di pergunkan karena menu ini bisa di wakili oleh Action "Destroy Instance".

Alarm Event

    Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang kita telah set waktunya.

Step Event

    Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yan terjadi di saat suatu objek melakukan gerakan misalnya bergerak, melompat, atau menembak. Jika anda mengetahui gml atau bahasa pemrograman game maker, maka menu ini sangat efektif untuk membuat perintah perintah menu "action" menjadi lebih singkat dan terorganisir.

Collision Event

    Dalam game maker, menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi persis ketika suatu objek bertumbukan atau menyentuh objek lain. Menu ini sangat efektif untuk membuat kejadian seperti apakah yang terjadi bila peluru menyentuh karakter, atau bila karakter menyentuh power-up atau item.

Keyboard Event

    Sesuai dengan namanya, menu ini berfungsi untuk membuat kejadian yang terjadi ketika suatu tombol di keyboard di tekan, misalnya bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventory atau arah panah untuk menggerakan pemain.

Mouse Event

    Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat ada interaksi dengan mouse ( klik kiri, klik kanan, dan lain-lain). Tidak hanya itu saja, event ini pun memungkinkan anda untuk bisa membuat objek bisa berinteraksi dengan tombol-tombol di joystick (jika menggunakan joystick).

Outside event

    Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat suatu objek meninggalkan ruangan (room), contoh penggunaan event ini misalnya untuk membuat kejadian ketika karakter jatuh dari tebing, etc.

Boundary event

    Sama seperti Outside Event, hanya saja bila outside event akan terjadi jika seluruh bagian objek meninggalkan ruangan, sedangkan bila boundary event akan terjadi walaupun hanya sedikit bagian dari objek yang keluar dari ruangan.

Views event

    Berfungsi untuk menampilkan ruangan dalam sudut pandang berbeda, event ini biasanya di gunakan untuk game 3D.

Game Start Event

    Berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat permulaan game, event ini biasanya di gunakan untuk memanggil load data Secara otomatis atau memainkan musik pada saat intro game.

Game End Event

    Fungsinya merupakan kebalikan dari game start event, event ini biasanya di gunakan untuk membuat auto saving dalam suatu game.

Room Start event

    Berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage di mulai, biasanya event ini digunakan untuk menginisialisasi objek-objek yang ada pada game.

Room End Event

    Berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage usai atau pemain kembali lagi ke layer title.

No More Lives

    Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian di dalam game maker yang terjadi pada saat semua nyawa karakter telah habis terpakai, event ini biasanya di gunakan untuk menampilkan layar game over, etc.

No More Health

    Event ini di mana bar kesehatan suatu karakter telah habis, maka apa yang hendak terjadi.

End of Animation

    Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat animasi suatu objek berakhir, event ini hanya efektif digunakan bila sprite yang digunakan mempunyai lebih dari satu sub image.

End of path

    Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi ketika suatu objek mencapai batas dari suatu path yang sudah di tentukan.

Close Button

    Event ini hanya akan berfungsi jika kita disable fungsi threat close button as key yang ada pada global game setting >> other.

User Definied

    Event yang ditentukan oleh pembuat sebagai suatu rincian tertentu.

Drawing event

    Event ini berfungsi untuk menggambar suatu objek , misalnya Health suatu karakter, menggambar poligon ( dalam game 3D ) , dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar dan settingnya.

Key pressed dan Key Released Events

    Kedua event ini fungsinya hampir sama dengan Keyboard Event, di bawah ini merupakan perbedaan diantara ketiga event tersebut.

    Keyboard Event : Fungsi ini akan terjadi bila pemain menekan dan menahan tombol, event ini biasanya digunakan untuk menggerakan pemain.

    Key Pressed Event: Fungsi ini akan terjadi hanya satu kali yaitu tepat pada saat tombol ditekan sehingga mempunyai jeda waktu, event ini berfungsi untuk membuat karakter dapat menembakan projektil atau peluru kepada musuh.

    Key Released Event: Fungsinya merupakan kebalikan dari key pressed event, sehingga event ini akan terjadi bila pemain berhenti melepaskan tombol.
Share :

0 komentar:

Posting Komentar

Link Teman
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright Danis © 2015. Teknologi - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger